Selasa, 17 Mei 2016

Nama Pakaian adat Bangka Belitung

METROPOLITAN.ID - Nama Pakaian Adat Tradisional Bangka Belitung adalah Paksian. Pakaian ini biasanya di kenakan sebagai pakaian pengantin ataupun pakaian pada upacar-upacara adat. Nama Paksian di ambil dari nama mahkota yang di kenalan mempelai wanita. Jika diamati sepintas lalu, pakaian adat tradisional bangka belitung ini mirip dengan pakaian adat melayu. Tidak bisa di pungkiri, karena mereka memiliki hubungan erat dengan suku melayu yang merupakan suku terbesar yang ada di kawasan Asia Tenggara.
Pakaian Adat Tradisional Bangka Belitung
Pakaian adat tradisional Bangka Belitung, mirip sekali dengan baju-baju suku melayu pada umumnya, yaitu terdiri dari sebuah baju kurung dan kain sarung untuk wanita dan gamis serta kain sarung untuk lelakinya. Baju atasan untuk pria dan wanita biasanya berwarna merah yang di buat dari kain sutra, beludru ataupun kain tenun asli Bangka Belitung yang di sebut kain Cual.
Pakaian ini di lengkapi dengan berbagai aksesories seperti mahkota untuk si wanita yang di sebut Paksian dan sorban atau Sungkon untuk si pria. Di badanya juga di hiasi berbagai jenis perhiasaan seperti kalung, gelang, anting-angting dan lain-lain yang biasanya di buat dengan warna emas atau dari emas. Untuk melihat gambar pakaian adat tradisional Bangka Belitung dapat di lihat pada gambar di samping.
Bangka Belitung adalah sebuah propinsi baru hasil pemekaran provinsi Riau yang di bentuk pada tahun 2000. Bangka Belitung adalah sebuah pulau yang dahulu di kenal sebagai pulau Bangka. Suku bangsa yang mendiami pulau ini adalah asli bangsa melayu yang telah ada sejak aman dahulu kala dan di kenal dengan sebutan Melayu Bangka. Tidak heran kalau pakaian adat mereka sangat mirip dengan pakaian adat melayu yang ada di daratan sumatera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar