Selasa, 17 Mei 2016

Membuat Boneka Berpakaian Adat Khas Indonesia

METROPOLITAN.ID - 
Membuat Boneka Berpakaian Adat Khas Indonesia
Bermula dari hobi lalu datangkan rezeki, dari kreatifitas bu Sukma beragam boneka berpakaian adat tercipta. Boneka cak dan ning ikon khas kota Surabaya menjadi salah satu boneka yang diandalkan. Selain itu ada juga boneka abang none Jakarta, kacong-jebing Madura, hingga sejumlah boneka adat khas nusantara lainnya.
Boneka Berpakaian AdatSukma mengerjakan sendiri bonek-boneka ini di rumahnya di kawasan rungkut Surabaya. Bahan dasarnya sangat sederhana, seperti boneka karet replika manusia, kain perca, manik-manik, cat, lem, dan kaca acrylic, pembuatannya pun tak butuh waktu lama tinggal dirangkai semua bahan ini jadi satu.
Boneka Berpakaian AdatIde kreatif ini muncul tahun 2008 lalu berawal dari keprihatinan Sukma akan maraknya penjualan boneka-boneka berbusana modern di pusat perbelanjaan, ia pun bertekad memajukan kebudayaan tanah air lewat bonek berbusana adat nusantara.
Boneka Berpakaian Adat 
Tak hanya berukuran mini, Sukma juga memproduksi boneka cak dan ning dalam berbagai ukuran tergantung pesanan. Boneka-boneka ini dijual dengan harga 75.000,- hingga 350.000,- dalam 1 bulan Sukma mampu mengantongi omset 10 hingga 15 juta rupiah. Berkat boneka ck dan ning ini, Sukma dinobatkan sebagai pahlawan ekonomi kategori industri kreatif pemkot Surabaya tahun 2014 lalu.

1 komentar:

  1. Boneka dengan baju adat keren juga, ide yang sanat bagus, semoga usahanya semakin sukses :)

    BalasHapus